Profil Lulusan

Bab 1

Profil Lulusan Program Studi

Profil Deskripsi Profil Contoh MK yg mendukung
Tenaga Pendidik Tenaga Pendidik di lembaga tingkat Formal/ informal/ nonformal

 

MK Pendidkan
Tenaga Ahli Tenaga Ahli di bidang Teknologi Informasi di dunia industri ataupun instansi baik negeri maupun swasta , antara lain sebagai :

Programmer,

Analis Sistem,

Administrator Jaringan,

Analis Data,

Desainer Multimedia di perusahaan bidang Teknologi lnformasi (Software House)

 

Pengantar Teknologi Informasi

Rekayasa Perangkat Lunak

Administrasi Jaringan komputer

Bahasa Pemrograman

Multimedia

 

 

Tenaga Kependidikan Tenaga Kependidikan dalam bidang pengelolaan laboratorium dan administrasi sekolah yang berkaitan dengan Teknologi Informasi

 

Cth :

Administrasi Jaringan komputer

Sistem Informasi Pendidikan

Keamanan Jaringan Komputer (MK pilihan)

Technopreneur Tenaga wirausaha yang berkaitan dengan teknologi informasi Technopreneur

Multimedia

Rekayasa Perangkat Lunak

Game Edukasi2

Teknik Animasi1

 

Catatan

1 Teknik Animasi merupakan MK yg dapat mendukung kemampuan mhs dalam pembuatan karakter Madura

2 Game Edukasi merupakan MK yg dapat mendukung mhs memiliki kemampuan dalam pengembangan game edukasi bertema kearifan local Madura (tokoh Madura, latar Madura, sejarah Madura, makanan dll)

 

Bab 2. Kompetensi Lulusan

Prodi Pendidikan lnformatika mempunyai kompetensi utama yaitu :

  1. kompetensi sebagai tenaga pendidik
  2. kompetensi sebagai tenaga ahli yang menguasai dalam bidang Teknologi Informasi

Prodi Pendidikan Informatika juga mempunyai kompetensi pendukung, antara lain :

  1. kompetensi sebagai tenaga kependidikan
  2. kompetensi sebagai technopreneur

yang kemudian dijabarkan menjadi sebagai berikut:

  1. Kompetensi sebagai tenaga pendidik

a.Kompetensi pedagogik

  • Kemampuan merancang pelaksanaan pembelajaran (meliputi kontrak kuliah, RPS, PP dan media pembelajaran)
  • Kemampuan mengkomunikasian ide rancangan pembelajaran secara textual dan verbal
  • Kemampuan mengelola pembelajaran dalam lingkup pendidikan baik formal maupun non formal
  • Kemampuan mengembangkan program pembelajaran
  • Kemampuan melakukan evaluasi dalam bidang pendidikan

b.Kompetensi professional

  • Memiliki kemampuan penguasaan bidang keahlian Teknologi Informasi
  • Kemampuan berpikir dan berkomunikasi secara akademis dan etis
  • Memiliki kemampuan yang luas tentang isu – isu muktahir dalam bidang yang diajarkan
  • Memiliki kemampuan untuk mengembangkan bidang teknologi Informasi lewat penelitian dan karya rancangan.

c.Kompetensi kepribadian

  • Memiliki kepribadian yang mantap dan stabil dalam bertindak sesuai dengan norma yang berlaku
  • Memiliki rasa bangga terhadap profesinya sebagai seorang guru
  • Memiliki etos kerja yang tinggi dan mandiri dalam bekerja
  • Memiliki kepribadian yang arif dalam mengambil keputusan dengan menunjukkan sikap keterbukaan dalam berfikir dan bertindak.
  • Memiliki kewibawaan sebagai guru
  • Memiliki akhlak mulia dan dapat menjadi teladan bagai peserta didik

d.Kompetensi Sosial

  • Memiliki sikap tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial keluarga.
  • Memiliki sikap empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulisan secara baik yang mengedepankan nilai moral dan etika

 

  1. Kompetensi sebagai Tenaga Ahli

Kompetensi sebagai tenaga Ahli di bidang Teknologi Informasi di dunia industri maupun baik negeri maupun swasta,

a) Kemampuan Operator

yaitu mampu mengoperasikan komputer dan aplikasinya

b) Kemampuan Programer

yaitu :

  • mampu untuk mengetahui spesifikasi kebutuhan pengguna (requirement), (kemampuan analisis data dan kemampuan analisis system)
  • mampu untuk melakukan perancangan sistem (design)
  • mampu untuk melakukan implementasi sistem, diantaranya : pemrograman basis data, pemrograman user interface, pemrograman web/internet, pemrograman multimedia, pemrograman game,
  • mampu untuk melakukan pengujian sistem (verification),
  • mampu untuk melakukan perawatan sistem (maintenance),

c) Kemampuan di Bidang Jaringan komputer.

Memiliki keahlian mengidentifikasi, menganalisis, merancang dan mengimplementasikan sistem jaringan berdasarkan konsep jaringan, manajemen jaringan dan keamanan jaringan;

d) Kemampuan komunikasi dan kerjasama dalam tim di suatu industri baik negeri maupun swasta.

 

  1. Kompetensi Tenaga Kependidikan
  • memiliki kemampuan mengelola laboratorium Teknologi Informasi
  • memiliki kemampuan mengelola administrasi data sekolah dengan memanfaatkan Teknologi Informasi
  • memiliki kemampuan mengelola administrasi jaringan komputer di sekolah

 

  1. Kompetensi Technoprenuer
  • Memiliki kemampuan dalam penguasaan keilmuan dan teoretik terkait teknologi informasi.
  • Memiliki penguasaan bidang teknis dan rekayasa teknologi informasi
  • Memiliki kemampuan dalam bidang bisnis dan profesi.
  • Memiliki kemampuan bersosialisasi dalam berbisnis.

 

 

 

Bab 3. Capaian Pembelajaran Program Studi

3.1. Capaian Pembelajaran Sikap

Setiap lulusan Prodi Pendidikan informatika harus memiliki sikap sebagai berikut :

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,mora|, dan etika;
  3. berkontribusi daiam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli terhadap nilai-nilai kearifan lokal, yang meliputi nilai seni, sosial, dan

 

3.2. Capaian Pembelajaran Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teoritis pedagogik dan didaktik_ dalam merencanakan perangkat pembelajaran dalam proses pembelajaran pada bidang pendidikan teknologi informasi secara umum dan konsep teoritis tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  2. Menguasai konsep teoritis pada bidang teknologi informasi secara umum dan konsep teoritis tentang matematika dan komputasi, analisis masalah berbasis komputasi, desain sistem berbasis komputer, metode dan teknik berbasis komputer dan manajemen proyek, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Menguasai prinsip dan model pembelajaran inovatif;
  4. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan bidang teknologi Informasi melalui penelitian dan karya rancangan.

 

3.3.  Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum

Setiap lulusan Pendidikan Vokasional Teknologi lnformasi wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai kearifan lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai kearifan lokal sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  5. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

 

3.4. Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus

Setiap Iulusan Pendidikan Vokasional Teknologi Informasi wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:

  1. Mampu merencanakan pembelajaran berdasarkan kebutuhan peserta didik.
  2. Mampu menyelenggarakan pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, sumber daya yang dimiliki dan karakteristik materi ajar dengan pendekatan, model, metode, dan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
  3. Mampu melakukan penilaian dan evaluasi berdasarkan karakteristik peserta didik, sumber daya yang dimiliki dan karakteristik materi ajar dengan memanfaatkan metode penilaian dan evaluasi secara tepat.
  4. Mampu menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan kebutuhan kurikulum dan standar yang berlaku;
  5. Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan merancang sistem berbasis komputer untuk menyelesaikan masalah menggunakan prinsip-prinsip komputasi;
  6. Mampu merealisasikan rancangan sistem berbasis komputer berdasarkan konsep matematika, sains, dan metode rekayasa perangkat lunak (software engineering);
  7. Mampu merealisasikan rancangan sistem basis data berdasarkan metode rekayasa perangkat lunak (software engineering) dan teori basis data;
  8. Mampu mengidentifikasi, menganalisis, merancang dan mengimplementasikan sistem jaringan berdasarkan konsep jaringan, manajemen jaringan dan keamanan jaringan;
  9. Mampu mengimplementasikan rancangan multimedia menjadi produk akhir multimedia;
  10. Mampu mengimplementasikan prinsip rekayasa teknologi informasi.
  11. Mampu mengelola laboratorium Teknologi Informasi
  12. Mampu mengelola administrasi jaringan komputer di sekolah dengan memanfaatkan Teknologi Informasi