Profile PIF

Program Studi Pendidikan Informatika Universitas Trunojoyo Madura merupakan salah satu Program Studi berbasis pendidikan yang berdiri sejak tanggal 31 Oktober 2012 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 361/E/O/2012 dan SK Rektor Universitas Trunojoyo Madura No. 190/UN46/2012. Program Studi Pendidikan Informatika merupakan salah satu Program Studi berbasis pendidikan yang lahir bersama dengan Program Studi pendidikan lainnya di Universitas Trunojoyo Madura. Di awal pendirian pada tahun 2012 hingga awal tahun 2014, Program Studi Pendidikan Informatika berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya (FISIB). Namun, sejak april 2014 hingga saat ini Program Studi Pendidikan Informatika berada di bawah Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Walaupun Program Studi Pendidikan Infomatika telah disyahkan berdiri sejak 31 Oktober 2012, namun penerimaan mahasiswa baru dimulai sejak semester ganjil tahun akademik 2013/2014. Program Studi Pendidikan Informatika menerima mahasiswa baru sebanyak 143 mahasiswa sesuai SK PAGU Rektor Universitas Trunojoyo Madura nomor: 018/UN46/2013 tertanggal 8 Januari 2013.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Informatika disusun sesuai dengan visi misi Program Studi. Jumlah Matakuliah keseluruhan adalah sebanyak 66 Matakuliah, yang terdiri atas 58 Matakuliah wajib dan delapan Matakuliah pilihan. Matakuliah-matakuliah wajib tersebut terdiri atas Matakuliah Pengembangan Kepribadian, Matakuliah Keilmuan dan keterampilan, matakuliah Keahlian Berkarya, dan matakuliah Perilaku Berkarya. Matakuliah wajib tersebut di atas terdiri atas lima matakuliah (18 SKS), wajib fakultas terdiri atas 14 matakuliah (37 SKS), wajib prodi terdiri atas 39 matakuliah (88 SKS). Sedangkan matakuliah pilihan ada sebanyak delapan matakuliah (16 SKS), namun yang dipilih oleh mahasiswa cukup hanya enam SKS saja sebagai syarat kelulusan. Dengan demikian mahasiswa Program Studi Pendidikan Informatika dinyatakan lulus dengan syarat telah menempuh sebanyak 149 SKS. Matakuliah berbasis kependidikan terdiri atas 27% dari 66 matakuliah yang ada di dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Informatika, sedangkan 7,6% terdiri atas matakuliah Pengembangan Kepribadian dan selebihnya merupakan matakuliah yang berkaitan dengan keilmuan di bidang Pendidikan Informatika.

Matakuliah yang merupakan ciri khas lulusan Program Studi Pendidikan Informatika yang sesuai dengan visi dan misi adalah matakuliah Kewirausahaan dan matakuliah Pendidikan Kepribadian Berkarakter. Pada matakuliah Kewirausahaan diharapkan mahasiswa mampu memiliki kompetensi dalam mengembangkan secara mandiri keterampilan-keterampilan baik di bidang Pendidikan Informatika maupun di luar bidang Pendidikan Informatika. Sedangkan melalui matakuliah Pendidikan Kepribadian Berkarakter, mahasiswa lulusan Program Studi Pendidikan Informatika diharapkan memiliki karakter yang bertanggungjawab, disiplin, beretika, dan berakhlaqul karimah.

Sebagai Program Studi yang masih merupakan Program Studi baru, untuk sementara ini struktur organisasi Program Studi Pendidikan Informatika disajikan sebagai berikut.